Infoindo.com
Wisata » Kuliner

Wisata Kuliner di Kawasan Sunda Kelapa
Sop Luna Maya yang Bikin Ngiler
Rabu, 01 Juni 2011 | 15:30:59 WITA | 3484 HITS

Menu ikan sudah bukan barang langka lagi di Jakarta. Di mana-mana menu hasil laut ini bisa dijumpai. Tetapi, pernahkah Anda mencicipi Luna Maya?

Alief Sappewali, Sunda Kelapa

Siapa yang tidak kenal Luna Maya. Artis cantik itu belakangan amat populer setelah video mesumnya bersama Nazriel Irham beredar luas. Jauh sebelumnya, Luna memang sudah populer sebagai pemain sinetron dan presenter.

Makanya, ketika disodori daftar menu di Restoran Seafood Sunda Kelapa, rasa penasaran spontan muncul. Betapa tidak, pada daftar itu salah satunya jenis menunya adalah Sop Ikan Luna Maya.

Mengapa diberi nama Luna Maya? "Iseng aja. Kebetulan belakangan ini Luna Maya lagi heboh. Ini salah satu strategi pemasaran kami, biar pengunjung penasaran dengan menu-menu yang kami tawarkan," jelas Asih, salah seorang karyawan.

Tak hanya sop ikan Luna Maya, restoran ini juga menyajikan menu lain dengan menggandeng nama artis. Sebutlah misalnya, ikan miring Cut Tari, ikan bakar Ariel Peterpan, ikan Ahmad Dhani, hingga cumi goreng Aura Kasih.

Restoran Seafood Tradisional Sunda Kelapa ini tergolong unik. Meski tempatnya terpencil, nyaris tidak pernah sepi pengunjung. Pelanggannya umumnya kalangan menengah ke atas. Mereka rela jauh-jauh ke Sunda Kelapa untuk mencicipi aneka menu hasil laut.

Selain ikan bakar dan sop ikan, di restoran yang terdapat di kawasan industri Ancol Barat ini juga bisa dijumpai cumi telor dan udang galah. Aneka seafood itu dipadu dengan bumbu saus tiram, saus padang, hingga rica-rica khas mereka.

Selain aneka seafood yang masih segar, keunggulan lain restoran ini adalah banyaknya pilihan menu. Selain yang telah disebutkan tadi, ada pula ikan kakap Afrika, ikan bawal Afrika, ikan nila Jepang, ikan kakap bolo-bolo, dan ikan kakap merah.

Untuk jenis sop ikan, selain Luna Maya, ada pula sop ikan hiu, dan sop kakap Afrika. Ada juga udang tiger jumbo, udang peci, cumi goreng remaja, ikan salmon Jawa, kepala salmon hingga kerang bambu.

Itu pula yang membuat restoran ini sangat diminati. Termasuk oleh kalangan pejabat. Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dan Mantan Ketua MPR RI Amien Rais termasuk tokoh nasional yang pernah mencicipi makanan di tempat ini.

Saat itu Megawati masih menjabat wakil presiden. Kegemaran Megawati makan ikan ternyata menurun ke putrinya, Puan Maharani. Anggota DPR RI ini juga ternyata pernah berkunjung langsung ke restoran yang berada di dekat Pelabuhan Sunda Kelapa ini.

Tokoh lain yang pernah membuktikan kelezatan menu seafood Sunda Kelapa antara lain Taufik Kiemas, Laksamana Sukardi, Aburizal Bakrie, Ginandjar Kartasasmita, mantan KSAD Subagyo HS, Menpora Andi Alifian Mallarangeng, dan Agum Gumelar.

Dari kalangan artis, mereka antara lain Nicky Astria, Vonny Cornellya, Nurul Arifin, Dorce Gamalama, Lucky Resha, Nini Carlina, Silvana Herman, Katon Bagaskara, Didi Petet, Melly Goeslaw, hingga komedian Eko Patrio yang kini jadi anggota DPR RI.

Restoran yang didirikan perantau asal Makassar, Baginda dan Syarifah ini mulai beroperasi tahun 1970. Sekarang restoran itu dikelola Yusuf Anata, putra Baginda-Syarifah.

Awalnya tempat makan ini berada dalam kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa. Kala itu, mereka berjualan di atas lapak dengan luas sekira 15 meter persegi.

Ketika awal berdirinya, warung ini menyediakan menu ikan bandeng bakar, baronang, dan bawal. Menu ikan ini cukup diminati awak buah kapal, kelasi, dan para pekerja yang beraktivitas setiap hari di pelabuhan. Termasuk syahbandar hingga pengusaha kapal.

Lokasi restoran sekarang di Jalan Ancol Barat IV yang ditempati sejak tahun 1980. Mereka menyewa tanah milik PT Pelindo. Lokasinya sedikit agak tersembunyi. Tetapi, setiap orang yang masuk kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa tidak sulit untuk menemukannya.

Sejak di pintu masuk Pelabuhan Sunda Kelapa, pengunjung akan dipandu dengan petunjuk arah hingga menemukan restoran yang didesain tradisional itu. Nuansa tradisional tampak dari dinding bambu restoran itu. (*)


 
Nasional
Politik | Rabu, 23 April 2014
Akbar dan JK Figur Capres Golkar Mumpuni
Akbar dan JK Figur Capres Golkar Mumpuni JAKARTA,FMC - The Founding Fathers House (FFH) menawarkan dua nama calon presiden (capres) untuk diusung ...
Ekobis
Komunikasi Bisnis | Senin, 21 April 2014
Hata Akan Panggil Mentri BUMN Terkait Akuisisi Bank BTN
Hata Akan Panggil Mentri BUMN Terkait Akuisisi Bank BTN JAKARTA – Rencana akuisisi PT Bank Tabungan Negara (BTN) oleh PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) sampai ...
Wisata
Travelling | Senin, 24 Februari 2014
Bus Wisata Pemprof DKI Resmi Beroprasi
Bus Wisata Pemprof DKI Resmi Beroprasi JAKARTA - Setelah diuji coba sepekan, bus wisata bertingkat mulai beroperasi, Senin (24/2/2014), di ...
Tekno
Gadget | Selasa, 15 April 2014
Asus Luncurkan Zenfone
Asus Luncurkan Zenfone JAKARTA - Ditahun keduanya di Indonesia, Asus kembali meluncurkan produk terbarunya untuk kelas ...
Entertainment
Selebriti | Selasa, 15 April 2014
Jadi Tersangka Farhat Yakin Tak Dipenjara
Jadi Tersangka Farhat Yakin Tak Dipenjara JAKARTA - Setelah statusnya dinaikkan menjadi tersangka dalam kasus pencemaran nama baik yang ...
Sportif
All Sport | Selasa, 22 April 2014
Ancelotti Kaget MU Pecat Moyes
Ancelotti Kaget MU Pecat Moyes INFOINDO - Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, mengungkapkan rasa simpatinya terhadap David Moyes, ...