Infoindo.com
Daerah » Sulawesi

Bentrok TNI-Polri Negatif Bagi Kawasan Pasifik
Selasa, 24 April 2012 | 11:42:52 WITA | 346 HITS

GORONTALO -- Peristiwa bentrokan antara TNI dan Polri di Gorontalo akan berdampak negatif bagi negara-negara di kawasan Pasifik. Demikian pendapat Funco Tanipu, pengamat sosial dan politik dari Universitas Negeri Gorontalo, Selasa (24/4/2012).

"Keamanan perbatasan Indonesia di bagian utara, terkesan rapuh karena terjebak pada masalah internal," kata dia.

Tidak hanya di bidang politik, lanjut Funco, dampak negatif juga akan muncul di bidang ekonomi. "Dan tentu saja, hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi negara-negara yang ingin mendiskreditkan Indonesia terutama dalam perang global, penjajahan gaya baru," ujarnya.

Padahal, menurut dia, secara sosial kehadiran TNI-Polri sebagai alat keamanan dan pertahanan negara diuntungkan oleh sistem sosial di Gorontalo yang relatif cukup bagus, dengan kekerabatan, dan kekeluargaan yang khas dan kental.

"Secara sosial, masalah keamanan di Gorontalo adalah hal yang kesekian, karena tradisi kekerabatan yang telah menjaganya turun temurun," tandas Funco.

Karena itu, rentetan konflik diikuti peristiwa berdarah antara TNI-Polri yang terjadi akhir-akhir ini adalah potret yang berbalik dengan kondisi lokal.

Dia mengatakan, TNI-Polri harus mengadopsi dan beradaptasi dengan kearifan lokal di Gorontalo, sehingga perspektif keamanan dapat kokoh dan memiliki pijakan yang kuat.


 
Wisata
Travelling | Senin, 24 Februari 2014
Bus Wisata Pemprof DKI Resmi Beroprasi
Bus Wisata Pemprof DKI Resmi Beroprasi JAKARTA - Setelah diuji coba sepekan, bus wisata bertingkat mulai beroperasi, Senin (24/2/2014), di ...
Sportif
All Sport | Jumat, 23 Mei 2014
Garuda Jaya Bungkam Yaman dengan Tiga Gol Cantik
Garuda Jaya Bungkam Yaman dengan Tiga Gol Cantik SLEMAN - Tim nasional Indonesia U-19 tampil gemilang saat menang 3-0 atas Yaman U-19 pada laga ...