Infoindo.com
Nasional » Pemerintahan

Menakertrans: Sistem Outsourcing Menyengsarakan
Rabu, 02 Mei 2012 | 12:10:14 WITA | 222 HITS

JAKARTA, FAJAR -- Pada dasarnya pemerintah sama sekali tidak suka dengan sistem outsourcing dan berharap tidak ada sistem kerja dengan cara itu. Sistem kerja outsourcing memang telah menyengsarakan pekerja, sehingga harus diawasi super ketat. Demikian disampaikan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar dalam keterangan tertulis kepada FAJAR, Selasa, 1 Mei.

Untuk mengantisipasi lebih lanjut dari pelaksanaan sistem outsourcing, kata Muhaimin, pemerintah menggunakan dua cara, yakni menambah jumlah tenaga pengawas ketenagakerjaan dan menyusun Komite Pengawas Ketenagakerjaan Nasional.

Penambahan tenaga pengawasan itu sebut dia, dilakukan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Sedangkan keberadaan komite, akan membantu menteri terkait dalam mengatasi masalah outsourcing, yang pelaksanaannya tidak sesuai dengan substansi.

Muhaimin mengatakan, outsourcing telah terbukti membuat sistem kontrak kerja yang merugikan para pekerja. Outsourcing sebut dia, harus ditegaskan tidak boleh dilaksanakan pada pekerjaan yang bersifat pekerjaan pokok.
"Dalam satu pasal UU 13/2003 tentang ketenagakerjaan, memang dibolehkannya outsourcing, namun, harus kita ditegaskan bahwa undang-undang itu yang dimaksud bukan pada pekerjaan pokok dan inti, tapi pekerjaan tambahan," tegasnya.

Menyangkut pengaturan pekerjaan tambahan, tambah Muhaimin, pemerintah dalam hal ini Kemenakertrans dalam waktu dekat, akan segera mengeluarkan Permenakertrans (Peraturan Menteri Tenaga dan Transmigrasi), yang mengatur secara detail mekanisme outsourcing. Sehingga, bisa menjamin keselamatan, kesejahteraan dan masa depan para pekerja. (asw)


 
Wisata
Travelling | Senin, 24 Februari 2014
Bus Wisata Pemprof DKI Resmi Beroprasi
Bus Wisata Pemprof DKI Resmi Beroprasi JAKARTA - Setelah diuji coba sepekan, bus wisata bertingkat mulai beroperasi, Senin (24/2/2014), di ...
Sportif
All Sport | Jumat, 23 Mei 2014
Garuda Jaya Bungkam Yaman dengan Tiga Gol Cantik
Garuda Jaya Bungkam Yaman dengan Tiga Gol Cantik SLEMAN - Tim nasional Indonesia U-19 tampil gemilang saat menang 3-0 atas Yaman U-19 pada laga ...