Infoindo.com
Luar Negeri » Asia

Instabilitas Politik Mesir Dorong As Evakuasi Warganya
Minggu, 14 Juli 2013 | 15:33:00 WITA | 470 HITS

KAIRO - Kondisi Mesir yang saat ini dipenuhi krisis politik, mengundang kekhawatiran dari banyak negara. Kabar mengejutkan datang dari Amerika Serikat (AS) yang dilaporkan hendak melakukan persiapan untuk menyerang Mesir.

Namun, laporan itu segera dibantah oleh pihak AS. Mereka justru menyatakan bahwa hanya mempersiapkan kapal angkatan laut untuk bersiap melakukan evakuasi warga AS, bila situasi di Mesir semakin parah.

"Laporan mengenai kemungkinan AS akan mengirimkan pasukan ke Mesir di tengah krisis yang terjadi adalah tidak benar. Yang ada saat ini hanyalah beberapa pasukan marinir yang mempersiapkan evakuasi personel, bila diharuskan untuk melakukan evakuasi dari Kedubes AS," ujar Juru Bicara Kedubes AS Michael Maloof, seperti dikutip Associated Press, Senin (15/7/2013).

"Mengenai upaya untuk melakukan penyerangan (ke Mesir), saya meragukannya. Bukan menjadi kepentingan AS untuk melakukan hal tersebut," lanjutnya pihak Pentagon.

Pentagon bersama Kedutaan Besar AS di Mesir menegaskan bahwa publik Amerika tidak akan terlibat dengan masalah lain di Timur Tengah. Juru Bicara Pentagon George Little menyatakan, laporan semacam ini adalah sebuah kesalahan besar.

Pekan lalu, dua kapal Angkatan Laut AS dikerahkan di Laut Merah, Mesir. Tetapi, tidak ada perintah untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan konflik yang terjadi di Mesir.

Mesir saat ini kembali dilanda ketegangan politik setelah mantan Presiden Mesir, Mohammad Morsi, dilengserkan oleh pihak milite
r.

Namun para pendukung Morsi masih terus melakukan protes menentang tindakan militer terhadap Morsi. Tidak kurang, para pendukung Morsi ini terlibat bentrokan dengan massa anti-Morsi, atau bahkan bentrok dengan pihak keamanan.

Terakhir, 51 pendukung Morsi tewas tertembak saat melakukan protes di Kantor Kementerian Pertahanan Mesir. Korban tewas diduga ditembak oleh pihak keamanan, yang melakukan penjagaan di sekitar gedung yang menjadi tempat tahanan bagi Morsi sejak dia dilengserkan.


 
Wisata
Travelling | Senin, 24 Februari 2014
Bus Wisata Pemprof DKI Resmi Beroprasi
Bus Wisata Pemprof DKI Resmi Beroprasi JAKARTA - Setelah diuji coba sepekan, bus wisata bertingkat mulai beroperasi, Senin (24/2/2014), di ...
Sportif
All Sport | Jumat, 23 Mei 2014
Garuda Jaya Bungkam Yaman dengan Tiga Gol Cantik
Garuda Jaya Bungkam Yaman dengan Tiga Gol Cantik SLEMAN - Tim nasional Indonesia U-19 tampil gemilang saat menang 3-0 atas Yaman U-19 pada laga ...